Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Apresiasi PWI Babel Tanam Mangrove

PANGKALPINANG - Kegiatan penanaman mangrove dalam rangka peringatan Hari Mangrove sedunia ke 7 tahun 2022 itu dilaksanakan di pantai Perepat Mati Kelurahan Sinarbulan Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang, Selasa (26/7/2022) dihadiri Staf Ahli Gubernur Babel Sunardi, Kapolda Babel, dan undangan lainnya.

"pemerintah daerah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, mudah mudahan momentum peringatan hari mangrove sedunia ini menjadi awal untuk kegiatan kegiatan lainnya", ujar staf ahli gubernur bidang kemasyarakatan dan sumber daya manusia Sunardi dalam sambutannya mewakili penjabat gubernur Babel Ridwan Djamaludin.

Sunardi mengatakan,  hutan mangrove memiliki peran ekologi yang signifikan dimana akar pohon ini dapat membantu menahan gelombang pasang, mencegah erosi garis pantai, serta mengurangi efek pasang surut dan tsunami.

Selain itu, mangrove juga menyediakan habitat yang kaya bagi banyak organisme seperti ikan, kepiting, krustasea, dan umang umang serta berperan penting dalam menyerap dan menyimpan karbon.

Menurut staf ahli gubernur bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Sunardi, mangrove merupakan ekosistem multifungsi dan keberadaannya sangat penting sebagai tempat berkembang biak dan pemijahan biota laut, penyediaan makanan, kayu, bahan bakar,  dan obat obatan.

Mengingat mangrove ini begitu penting manfaatnya bagi kehidupan, Sunardi mengajak semua pihak untuk menjaga dan memelihara pohon yang sudah ditanam ini.

"harapan kami setelah penanaman mangrove ini akan tetap dijaga dan dipelihara sehingga bisa memberikan manfaat bagi ekosistem dan masyarakat pada umumnya", tutup Sunardi mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, dan Pemberdayaan Masyarakat DLHK Babel Ali Thariq Batavian berharap, kegiatan penanaman mangrove yang diinisiasi PWI Babel ini dapat berlanjut dan diikuti oleh unsur unsur organisasi lainnya.

"ini merupakan suatu kegiatan positif yang saya harap bisa berkelanjutan namun setelah ini harus  kita pikirkan juga dalam pemeliharaannya agar dapat tumbuh seperti apa yang kita harapkan.,  kita juga  berharap unsur unsur lain untuk ikut serta dalam menanam mangrove ini", harap Erik sapaan Ali Thariq Batavian.

Sedangkan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Bangka Belitung Faturohman mengungkapkan, dalam rangka peringatan hari mangrove sedunia tahun ini yang mengusung tema mangrove Babel, masa depan dunia itu pihaknya menanam ratusan pohon bibit mangrove.

"kita menanam bibit mangrove tidak terlalu banyak hanya menanam beberapa ratus batang", ungkap Faturohman.

Sumber: 
DLHK
Penulis: 
Suherman
Fotografer: 
Suherman
Bidang Informasi: 
DLH